TIME LINE DAN SILABUS TQM IN EDUCATION


SILABUS MATA KULIAH TQM (MMT) DALAM PENDIDIKAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS COKROAMINOTO YOGYAKARTA

A. Informasi Umum

Mata Kuliah    : Total Quality Management Dalam Pendidikan

Jenis MK        : Mata Kuliah Eleksi Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam

Program Studi : Pendidikan Agama Islam

Dosen               : Hakiki Mahfuzh

Bobot                : 2 SKS

B. Deskripsi dan Tujuan Mata Kuliah

Total Quality Management (TQM) merupakan konsep yang relatif baru dalam dunia manajemen dan kepemimpinan. Ia sebuah proses peningkatan kualitas yang komprehensif dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Kepuasan pelanggan yang bermuara dari keunggulan produk adalah fokus dari proses TQM ini. Dalam dunia Pendidikan, TQM inipun sudah dilaksanakan. Hasil-hasil riset menunjukkan kompatabilitas dan manfaat yang signifikan dari pendekatan manajemen mutu ini. Oleh karena itu, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam perlu mengenal dan memahami TQM untuk kemudian mengaplikasikannya dalam praktis manajemen mereka di sekolah masing- masing. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep TQM dan pendekatan dalam merancang implemen- tasinya dalam organisasi pendidikan di mana mereka bekerja. Mereka juga diharapkan mampu bersikap kritis terhadap TQM ini dengan analisis kesesuaian antara teori dan kemungkinan penerapannya di lapangan. Di samping itu, mereka mampu melengkapi pemahaman mereka akan TQM dengan konsep penjaminan mutu atau quality assurance dalam Pendidikan.

C. Pokok Bahasan

1. Understanding the Concept of Total Quality Management (TQM) 2. Quality ( in Islamic Perspective)
3. TQM Historical Perspective
4. TQM as continously improvement
5. Priciples of TQM
6. Quality standards
7. The Implementation of TQM in Educatation: Practical objective 8. Preparing TQM in Education
9. Stretegic Planning for Quality Improvement
10. Educational Leadership for Quality Improvement
11. Teamwaork for Quality Improvement
12. Quality Assurance in Education

D. Penilaian

Penilaian dilakukan atas:

1. Aktifitas dan kontribusi mahasiswa di kelas
2. Penugasan berupa makalah analitis individu sebanyak 300 kata 3. Ujian mid dan semester

E. Referensi

Recommeded
1. Total Quality Management in Education by Edward Sallis, Philadelpia, London, 1993
2. Implementing TQM by Jablonski, J.R., Technical Management Consortium Inc., New Mexico, 1994
3. Educational Leadership and Reform, editors Hoy, W.K., & Miskel, C., Infor-mation Age Publishing, Greenwich, 2005.
4. Organizational Behavior by Luthans, F., Irwin/McGraw-Hill, 1998, especially Part 1 Ch.2 regarding TQM.
5. Application of TQM in Education: Retrospect and Prospect by Kwan, P.Y.K, International Journal of Educational Management, Vol.10/5, 1996.

Endorser
1. Quality in Education : An Implementation Handbooks (Pendidikan Berbasis Mutu) by Jerome S. Arcaro, Yogyakarta, Pustaka Pelajar 1995
2. Total Quality Management by Fandi Ciptono, Anastasia Diana, Yogyakarta, Andi Offset, 1995

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s