Rindu Bau Sajadahmu


RINDU BAU SAJADAHMU

Siang itu imam besar masjid Al Qomar tampak kebingungan. Ia menoleh ke kanan dan ke kiri seperti mencari sesuatu yang sangat berharga. Ternyata betul, sang imam sedang mencari seseorang, yaitu seorang anak yang dianggapnya sebagai sahabat setianya. Anak itu sangat rajin salat berjama’ah. Setiap waktu salat tiba, ia sudah duduk di atas sajadah saf paling depan. Bahkan sebelum sang imam masuk masjid, anak itu sudah berada di dalamnya.

Sang imam bertanya kepada beberapa jamaah yang lain, dimana gerangan anak itu? Tidak seperti biasanya, siang itu R. Jalaluddin Al Haroh tidak mengikuti salat Lohor secara berjamaah. Sang imam sangat rindu pada bau sajadah yang selalu dibawa Jalaluddin.  Bagi sang imam, sajadah Jalaluddin bak semerbak bunga sorga. Sang imam menangis tersedu-sedu karena pada hari itu, ia tidak dapat mencium baru sajadah Jalaluddin. Wajar jika sang imam sangat merindukannya.

Salah seorang dari jamaah yang hadir tertegun menyaksikan peristiwa itu. Lantas ia bertanya. “Apa yang sedang terjadi imam?, mengapa engkau menangis tersedu seperti ini?”. Dengan terbata-bata sang imam menjawab, “Hari ini saya tidak mencium bau sajadah sahabatku”. “Bukankah kita semua sahabatmu juga imam?”. Sela jamaah yang lain. “Betul”, kata sang imam. “Ketahuilah bahwasanya bau sajadah sahabatku yang satu ini, seperti bau sorga yang pernah saya rasakan dalam mimpiku”. Sang imam melanjutkan.

“Dulu, saat salah seorang dari sahabat Rasulullah tidak datang berjamaah, Rasulullah juga mencarinya. Begitu juga dengan saya, sahabatku, anak yang sering duduk di saf paling depan ini tidak datang berjamaah hari ini”. “Jika itu yang imam maksudkan, ketahuilah bahwa anak itu telah masuk pesantren untuk mendalami ilmu agama”. Kata pak Mahfuzh Marzuki menjelaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s